7 Fakta Unik Islandia, Negara yang Sering Dikunjungi karena Pesona Aurora




TRIBUNTRAVEL.COM – Fakta unik Islandia, negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat fenomena alam aurora yang mempesona.

Terletak di bagian sebelah utara Samudera Atlantik dan sebelah barat laut Eropa, terdapat banyak fakta unik Islandia yang bisa kamu ketahui.

Beberapa fakta unik Islandia diantaranya negara ini tidak mempunyai gerai McDonald’s dan menjadi negara teraman di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, simak 7 fakta unik Islandia yang bisa kamu ketahui sebelum berkunjung ke sana.

1. Tidak Ada McDonald’s di Islandia

McDonald’s dikenal sebagai satu franchise terkenal di dunia, kamu bisa menemukan banyak outlet McDonald’s baik di beragam kota maupun negara.

Namun ternyata, saat kamu pergi ke Islandia, kamu tidak akan menemukan gerai McDonald’s di tempat ini.

Dilansir dari The Reykjavik Grapevine, pada tahun 1993 ada gerai McDonald’s di Islandia namun secara perlahan bisnis makanan cepat saji di sana merugi.

Hingga akhirnya pada tahun 2009. McDonald’s menutup gerai terakhirnya di Islandia.

2. Tidak Ada Nyamuk

Sebagai negara beriklim tropis, kita sering menjumpai nyamuk yang selalu mengganggu saat tidur, atau ketika sedang berada di luar ruangan.

Namun berbeda dengan Indonesia, di Islandia kamu tidak menemukan nyamuk di tempat ini.

Hal ini karena Islandia berjarak 300 kilometer dari negara tetangga terdekatnya, Greenland sebelah timur dan 1.000 kilometer dengan Norwegia.

Sehingga untuk sampai di Islandia nyamuk tersebut harus menyebrangi lautan terlebih dahulu yang terdengar tidak memungkinkan untuk seekor nyamuk.

Selain itu, keadaan cuaca yang mudah berubah cepat juga bukan tepat yang cepat untuk nyamuk berkembang biak.

3. Negara yang Tidak Mempunyai Tentara

Islandia merupakan negara yang tidak mempunyai tentara, negara ini hanya sekali berkonflik yakni saat Perang Cod dengan Inggris Raya untuk hak penangkapan ikan ekslusif.

Dalam perang ini Islandia menang setelah menyerang jaring ikan para musuh hanya dengan menggunakan gunting.

Tidak sepenuhnya tidak mempunyai tentara, Islandia hanya mempunyai Icelandic Coast Guard yang berpatroli di wilayah laut dan udara.

Selain itu, ada juga perjanjian dengan NATO dan Amerika yang bersedia melindungi Islandia dari ancaman negara lain.

4. Tidak Ada Hutan di Islandia

Kamu tidak bisa menemukan hutan di Islandia.

Hal ini karena kondisi geografis Islandia terbentuk dari fenomena gunung berapi dan gletser yang “memakan” daerah lembah dan pepohonan ke dalam.

Namun berbeda dalam kepercayaan populer, sebenarnya pohon tumbuh di daerah Islandia namun ketika orang-orang Viking tiba mereka memotong semua pohon di negara tersebut.

Pada saat ini pemerintah sedang mengusahakan untuk penanaman pohon di Islandia.

5. Mayoritas Penduduk Lokalnya Percaya Peri dan Troll

Lebih dari 50 persen penduduk Islandia percaya keberadaan makhluk-makhluk yang bersifat fantastik seperti peri dan troll.

Ada banyak cerita dan legenda terkait makhluk tersebut, seperti mereka menunda suatu proyek konstruksi karena diyakini sebagai tempat tinggal para peri.

Kemudian batu-batu besar yang jatuh di ladang sering dianggap sebagai troll beku.

Selain itu, bau belerang yang menyengat dipercaya merupakan air kotor bekas mandi para troll tersebut.

6. Mempunyai Ikatan dengan Bangsa Viking

Penduduk Islandia mempunyai ikatan dengan Bangsa Viking, hal ini karena orang-orang Viking yang berasal dari Norwegia pernah menghuni Islandia sekitar tahun 800an.

Sehingga kultur budaya di Islandia juga dipengaruhi oleh Bangsa Viking.

Kuda-kuda di Islandia juga terbilang unik karena merupakan keturunan langsung dari kuda yang dibawa oleh para Viking.

Selain itu, ide pemberian nama Iceland dan Greenland juga dicetuskan oleh para Viking untuk mengecoh para musuh supaya mereka pergi ke Greenland yang tertutup es padahal tujuan mereka adalah Islandia yang hijau.

7. Negara Teraman di Dunia

Bila berkunjung ke Islandia kamu tidak perlu takut akan mengalami tindak kriminal, hal ini karena Islandia menjadi satu negara teraman di dunia dengan tingkat kejahatan terkecil.

Kasus kejahatan seperti pembunuhan, kekerasan, hingga hal terkait narkoba sangat jarang terjadi di negara ini.

Cara menuju ke Islandia

Untuk menuju Islandia bisa ditempuh 4 jam penerbangan dari Pantai Timur Amerika Serikat, atau sekitar 3 jam dari Inggris.

Salah satu maskapai yang menyediakan penerbangan ke Islandia adalah Iceland Air.

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul 7 Fakta Unik Islandia, Negara yang Sering Dikunjungi karena Pesona Aurora, https://travel.tribunnews.com/2019/11/20/7-fakta-unik-islandia-negara-yang-sering-dikunjungi-karena-pesona-aurora?page=all.

source