Limbuhang Haliau Objek Wisata Barabai – Daily Vlog MRH Channel




“Objek Wisata GUA Limbuhang Haliau Barabai”

Assalamualaikum wr. wb
Hello guyss.. Welcome to my channel saat ini saya sedang liburan ke Kota Barabai Kabupaten HST Provinsi Kalsel yang saat ini sedang saya dengar ada yang lagi viral yaitu objek wisatanya banyak bermunculan selain Air Sungai Pagat,, ada yang tahu apa atuhh objek wisatanya?? Gini aja simak yaa deskrispsi ini..

Objek wisata Alam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang terpendam, kini kembali viral di media sosial, khususnya kalangan nitizen Bumi Murakata. Sebuah gua, di Desa Haliau, Kecamatan Hulu Sungai Tengah, menjadi ramai dikunjungi, lantaran keindahan dan keunikannya. Gua yang berada di bawah bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter tersebut, menawarkan kesejukan dari balik dinding batu, serta air telaga mini di bawahnya.
Jika cuaca sedang panas, sekitar pukul 11 hingga pukul 14.00 wita, airnya berwarna biru laut saat diterpa sinar matahari.
Namun, saat cuaca teduh atau agak gelap, airnya berubah warna menjadi biru kehijauan.

Untuk biaya masuk area wisata, hanya dikenakan tarif Rp 5.000, plus parkir Rp 5.000 yang dia kelola bersama warga setempat. Di dalam gua, tersedia perahu karet berkapasitas empat orang dilengkapi alat dayung. Jika ingin menyusuri gua dengan perahu karet, cukup bayar Rp 5.000 untuk 15 menit jika pengunjung sedang banyak.
“Tapi jika pengunjung sepi, boleh sepuasnya. Pemandu disana akan siap memandu mengenai gua tersebut. “Bisa pula mendayung sendiri”.

Di telaga dalam gua tersebut pengujung dilarang mandi, mengingat kedalaman air diperkirakan mencapai 50 meter

Di dalam gua juga terdapat tali dari akar pohon, yang bisa dipanjat dengan kekuatan sampai tiga orang. Tapi akar pohon itulah yang sering digunakan pengunjung untuk berfoto-foto ala film tarzan. Kata pemandu disana mereka akan mengembangkan lebih baik lagi objek wisata tersebut, dengan meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung. Seperti membangun toilet dan musala kecil untuk sholat.

Letak wisata gua Limbuhang sendiri, berdekatan dengan water Park di area objek wisata outbond Baruh Bunga, yang juga dikelola swasta, dengan status kepemilikan milik pribadi

Lebih tepatnya berada di Haliau, Pagat, Batu Benawa, Murung A Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimntan Selatan.

Bagaimana mencapai gua Limbuhang? Dari Barabai, kota Kabupaten HST, bisa menggunakan mobil maupun kendaraan roda dua. Jarak dari Barabai ke Haliau, sekitar delapan kilometer, melewati Pagat Kecamatan Batubenawa. Sebelum ke area gua, pengunjung memarkir kendaraannya di area yang telah disediakan, selanjutnya berjalan kaki sekitar 15 menit menaiki dan menuruni bukit dengan tangga tanah yang sudah diratakan.

Gimana guyss murah?? Meriah?? Kapan lagi anda bisa dapat kek gini 😄 dan bagi kalian yang suka video ini silahkan di Like dan juga bagikan ke yang lain juga yaa dengan cara Share ke teman-teman kalian dan jangan lupa juga buat tinggalkan subscribe kalian di channel ini.. Terimakasihhh

source