Tebing Breksi – Objek Wisata Baru Terpopuler 2017




Tebing Breksi Terpopuler, DIJ Raih Enam Predikat
SLEMAN – Taman Wisata Tebing Breksi berhasil menyabet jawara dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Dalam program yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata, Breksi mampu meraih predikat Kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler. Mampu mengungguli Pulau Kumala di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan Skywalk Teras Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat.
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih menuturkan Breksi terus memancarkan keindahannya dari waktu ke waktu. Lokasi yang awalnya sebagai penambangan rakyat, telah menjelma jadi obyek wisata. Bahkan mampu memberdayakan warga sekitarnya.
“Mampu meraih suara hingga 32,5 persen. Sistematika penilaian berdasarkan dukungan voting langsung dari wisatawan melalui website Kemenpar RI dan pesan singkat (SMS),” jelasnya kemarin (26/11).
Dirinya menjelaskan minat kunjungan ke Breksi terus bertumbuh. Terlebih setelah ada rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat ke 44 Barack Obama beberapa wakti lalu. Obyek wisata yang berada di Desa Sambirejo Prambanan kian ramai.
Tingginya dukungan karena semangat pariwisata di lokasi tersebut tinggi. Mulai dari obyek wisata, paket wisata, fasilitas hingga dukung warga dan pemerintah desanya. Selanjutnya perlu didorong secara konsisten untuk meningkatkan Sapta Pesona pariwisata.
“Ada paket wisata yang terintegrasi dengan Tebing Breksi. Selain keindahan tebing, wisatawan juga bisa menikmati keeksotisan candi melalui paket wisata jeep disana,” ujarnya.
Terpisah Ketua Penyelenggara API 2017 Nanda Satria Azwar mengungkapkan wisata Indonesia terus menunjukan tren positif. Bentuk dukungan dalam ajang ini juga datang dari wistawan mancanegara (wisman) Berdasarkan data web voting, dari sekitar 100 suara, lima persennya adalah wisman.
Adanya predikat ini sekaligus menjadi pemicu bagi pemerintah daerah dan pelaku wisata. Dimana bentuk pelayanan dan juga fasilitas perlu ditingkatkan. Termasuk menghadirkan sapta pesona sebagai tonggak pariwisata.
“Tebing Breksi tergolong baru tapi memiliki daya pikat. Ini bisa menjadi inspirasi dan motivator banyak daerah untuk lebih berani dan pro aktif dalam mengembangkan dan mempromosikan pariwisata di daerahnya termasuk objek wisata baru,” jelasnya.
Selain Taman Tebing Breksi, sejumlah objek wisata di Jogjakarta juga meraih prestasi. Setidaknya DIJ mampu menyabet enam dari 15 kategori dalam API 2017. (dwi)
Daftar raihan objek wisata Jogjakarta dalam API 2017:
– Juara I Tujuan Wisata Baru Terpopuler, Taman Tebing Breksi Sleman
– Juara I Objek Wisata Unik Terpopuler, Goa Jomblang Gunungkidul
– Juara II Tempat Berselancar Terpopuler, Wediombo Gunungkidul
– Juara III Objek Wisata Belanja Terpopuler, Pasar Beringharjo Jogja
– Juara III Kampung Adat Terpopuler, Kampung Wisata Mangunan, Jogja
– Juara III Dataran Tinggi Terpopuler, Kalibiru Kulonprogo

source