Wisata Halal Vs Fakta Budaya Toraja di Tana Toraja ( Tator ) dan Toraja Utara ( Torut) – Sulsel




Wisata Halal di Toraja

Indonesia adalah surga wisata halal. Sulawesi Selatan adalah satu dari 10 propinsi yang ditargetkan oleh Kementrian Pariwisata sebagai Destinasi Wisata Halal.

Sedangkan Kapupaten Tana Toraja ( Tator ) dan Kabupaten Toraja Utara ( Torut ) adalah 2 Kabupaten di Sulsel yang merupakan bagian dari wilayah adat Toraja, di mana masyarakat Toraja sendiri adalah masyarakat majemuk yang memeluk agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, dan Alukta / Aluk To Dolo (Agama Asli Toraja)

Toraja memiliki wilayah adat yang marak dengan upacara adat seperti upacara kematian rambu solo, upacara pernikahan rampanan kapa’. Di bulan Desember ramai dengan perayaan natal bahkan sebelumnya ada event tahunan lovely december untuk merayakan natal yang kini diganti istilahnya menjadi Lovely Toraja. Di mana dalam setiap upacara tersebut ada pemotongan babi. Babi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Toraja , selain karena merupakan hewan yang paling banyak disembelih dalam upacara adat, juga karena cara beternaknya sudah diwariskan dari leluhur.

Bahkan di masa sekarang ini di zaman manusia ingin bekerja lebih cepat, ada kecenderungan masyarakat Toraja mendapatkan sayur babi (tambai) dari luar Toraja. Tingginya kebutuhan tambai di Toraja, menjadi peluang bisnis pertanian baru di wilayah sekitaran Toraja untuk menanam tambai.

Fakta ini menjadi indikasi, betapa tingginya kebutuhan hewan babi untuk Toraja dan betapa kuat dan mengakarnya adat dengan upacaranya di wilayah adat Suku Toraja yang sebagian besar berada dalam wilayah administratif kabupaten Tana Toraja (Tator) dan Toraja Utara (Torut)

Inilah yang menjadi dasar munculnya penolakan terhadap wacana wisata halal di Toraja

Penolakan wacana wisata halal juga dilakukan oleh Gubernur NTT terhadap objek wisata Labuan Bajo. Demikian juga di Bali, Gubernur I Wayan Koster menolak ide wisata halal tersebut.

#wisatahalaltoraja #tanatoraja #torajautara

source

Translate »